Outing Class 5: Monday Bread! Harumnya Bertamasya ke Sari Roti!

Kelas 5 kali ini mengadakan sebuah perjalanan yang berbeda dari perjalanan sebelumnya. Bagaimana tidak, kelas 5 kali ini jalan-jalan ke pabrik Sari Roti! Iya, Sari Roti yang itu. Sari Roti yang rotinya sudah ada di mana-mana di seluruh Indonesia! Lho kok bisa ya SDIT Bunyan Indonesia mampir ke pabriknya?

Jadi gini ceritanya, saya kasih tau. Tapi tolong jaga ya, soalnya ga semua orang tau cerita ini kecuali guru, murid, orangtua murid, pak satpam, guru TPA, kasir B-Smart, Kasir B-Laundry, koki B-ergerak, dan lain masih banyak.

Nah pada tanggal 27 November 2023 pas banget hari itu hari Senin. Area parkiran sekolah sudah dipenuhi oleh kendaraan-kendaraan pengangkut siswa yang lucu, unik, dan nyaman tentunya. Kendaraan itu yang akan menjadi saksi bahwa kita pernah main ke pabriknya Sari Roti. Tepat pukul 8.15 kita semua lepas landas dan pukul 9.00 mendarat dengan aman di landasan pabrik. Semua pak sekuriti sangat antusias menyambut kami di sana. Setelah melakukan check-in dan melakukan serangkaian prosedur, akhirnya kami boleh dipersilahkan untuk masuk ke area yang sudah ditentukan.

Tentunya karena ini adalah area pabrik, kami tidak boleh sembarangan lompat sana sini berlarian ataupun bermain petak umpet. Pabriknya sangatlah luas, ketika kami sampai tadi ada mobil yang sangat besar sedang mengangkut tepung untuk diolah sebagai bahan baku. Kemudian setelah berjalan dan dipandu oleh salah seorang staff kami dipersilahkan untuk memasuki audiorium yang nyaman serta sejuk sekali.

Di dalam auditorium kami sudah ditunggu oleh staff yang akan memandu kami selama berjalannya kegiatan. Di auditorium ini terdapat layar yang sangat lebar dan dapat terlihat untuk seluruh peserta. Sebelum memulai, kita semua ikut senam sehat ala Sari Roti. Semuanya ikut bergerak dan sangat menyenangkan. Setelah itu dipaparkan baik Visi misi perusahaan, company profile, produk-produk yang diproduksi, serta bagaimana cara roti dibuat. Oh iya, kami juga diajak berkeliling pabrik loh. Jadi bisa melihat semuanya proses pembuatan roti dimulai dari adonan hingga dibungkus siap untuk didistribusikan. Tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan seluruh siswa sangat antusias hingga berebutan yang paling depan untuk melihat prosesnya secara langsung.

Ketika dibuka sesi pertanyaan, para siswa berebutan ingin bertanya. Bahkan pertanyaan-pertanyaan yang kritis dilontarkan oleh beberapa siswa. Tentunya ini menjadi tolak ukur bahwa Siswa-siswi SDIT Bunyan Indonesia telah terdidik untuk menumbuhkan nalar yang kritis dalam berpikir.

Selama kurang lebih 2 jam kami di auditorium, akhirnya berakhirlah kegiatan di auditorium tersebut. Sebelum pulang kami diberikan oleh-oleh berupa paper bag yang isinya adalah banyak sekali roti! Roti yang ada bermacam rasa dan bentuk membuat seluruh siswa selain mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan mereka juga mendapatkan rasa kenyang.

Saya juga berharap semoga dengan adanya kegiatan ini membuat siswa terpacu untuk selalu berinovasi dan kreatif dengan segala keadaan yang ada. Atau bahkan bisa menjadi inspirasi mereka untuk menjadi enterpreuner yang suskses di masa mendatang nantinya.

-Ari Mulyana-