BRANDING KELAS SDIT BUNYAN INDONESIA

Oleh: Wiandini Wandasari, SE

SDIT Bunyan Indonesia adalah sekolah yang memiliki tujuan mulia, yaitu menghadirkan generasi cerdas beradab. SDIT Bunyan Indonesia  memiliki tujuh karakter dasar yang menjadi ciri khas sekolah. Tujuh karakter tersebut adalah jujur, disiplin, mandiri, peduli, adil, kerjasama, dan hormat. Untuk mencapai tujuan tersebut, SDIT Bunyan Indonesia perlu mengembangkan dan meningkatkan program–program sekolah agar tujuan sekolah dapat tercapai.

Branding Kelas merupakan salah satu program baru yang kami buat di tahun ini. Harapannya program tersebut bisa menjadi langkah awal membangun citra sekolah yang lebih baik melalui lingkup terkecil yaitu di kelas. Program ini mendorong para wali kelas untuk membranding kelas dengan membuat program-program kelas yang mengarah pada penguatan tujuh karakter Bunyan. Setiap wali kelas memilih satu atau dua dari tujuh karakter Bunyan yang akan diunggulkan dan penguatan akademik yang nantinya akan menjadi keunggulan pada kelasnya. Apabila semua kelas sudah memiliki keunggulan atau ciri khas karakter pada peserta didiknya, maka tujuh karakter Bunyan akan melekat pada diri peserta didik kelas satu sampai dengan kelas enam.

Program branding kelas ini juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab wali kelas sebagai pendidik dan pembimbing peserta didik di sekolah. Program ini menjadi pegangan wali kelas dalam mengelola kelas secara baik dan terarah guna membangun image yang positif untuk kelasnya. Kenapa kelas memerlukan branding? Bukannya dengan adanya wali kelas kelas menjadi unggul? Kenyataannya tidak sesederhana itu. Branding kelas menjadi bagian penting yang perlu dibangun oleh wali kelas dengan berbagai program kelas yang menarik. Banyak ragam trik yang dapat dilakukan untuk membangun branding kelas. Branding kelas juga dibangun atas dasar kesesuaian antara kebutuhan dan potensi peserta didik yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu branding kelas yang dibangun perlu melibatkan peserta didik, guru dan orang tua.

Hadirnya satu dari tujuh karakter dalam diri peserta didik, semakin meningkatnya kualitas akademik siswa dan meningkatnya kepercayaan orang tua terhadap wali kelas menjadi tolak ukur keberhasilan dari program ini, dampak lain dari meningkatnya kepercayaan orang tua terhadap wali kelas adalah meningkatnya kepercayaan orang tua terhadap sekolah sehingga secara langung branding sekolah itu terbangun dengan sendirinya.

Semoga Allah SWT mudahkan kami dalam menjalankan program branding kelas ini dan semoga dari ruang kelas mungil inilah hadir generasi cerdas beradab.