Pramuka, Pemuda dengan Karya & Prestasi

Oleh: Rangga Alfiana

Perkemahan dalam kegiatan Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62, SMAIT Bunyan Indonesia berkesempatan mengikuti kegiatan “Perkemahan Tingkat Ranting” atau yang dikenal juga dengan nama “Jambore Ranting” Kecamatan Cikarang Barat.

Perhelatan ini digelar di Lapangan FSP yang berlokasi di Kp. Rawa Banteng, Cikarang Barat selama 3 hari yaitu Sabtu-Senin, 12-14 Agustus 2023. Diikuti oleh seluruh peserta mulai jenjang SD hingga SMA, kurang lebih terdiri dari sekitar 70 sekolah tingkat SD, dan masing-masing 30 sekolah tingkat SMP&SMA.

Pangkalan SMAIT Bunyan Indonesia mengirimkan 1 regu ikhwan dan 1 regu akhwat yang masing-masing terdiri dari 8 santri dan didampingi oleh 2 pembina.

Tentunya, para santri mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang berharga serta menjadi sarana menguji kekuatan mental melalui berbagai bentuk kegiatan lomba yang ada diantaranya baris berbaris, widegame, pionering, kreatifitas seni dan lain sebagainya.

Meskipun dengan persiapan yang cukup singkat, alhamdulillah para santri SMAIT Bunyan Indonesia mampu membuktikan daya juangnya dengan memborong 7 piala lomba, yaitu:
Ikhwan:

  • Juara 1 LKBBT
  • Juara 2 bongkar pasang tenda
  • Juara 3 Widegame
  • Juara 1 Pionering
  • Juara 2 Lomba Tradisional

Akhwat:

  • Juara 2 widegame
  • Juara 1 Pionering

Semoga melalui kegiatan ini para santri semakin termotivasi untuk terus bersemangat mengasah diri menjadi Pramuka sesungguhnya. Sebagaimana arti dari “Praja Muda Karana” adalah “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”. Menjadi pemuda yang penuh karya dan prestasi, pemuda yang siap menghadapi tantangan zaman, pemuda yang cerdas beradab dengan kedewasaan yang paripurna; diri, sosial dan kontribusi, sejalan dengan visi SMAIT Bunyan Indonesia.

SALAM PRAMUKA!